Mohon Maaf, Bila BUNG-GRATIS kedetect sebagai Malware,Phising atau sejenisnya !!! Harap Maklum karena BUNG-GRATIS Berisi Software bajakan semua,Have Fun for Download Free

Sabtu, April 09, 2011

Tips Cara Update Firmware Handphone Nokia

http://1.bp.blogspot.com/_hrsvUNtev-4/TAjryv-s5HI/AAAAAAAAAj4/v1BXhB07nRA/s1600/nokia_software_update_icon.jpg
Diantara hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan performa, menambah fitur dan aplikasi pada handphone nokia kita adalah dengan melakukan update firmware. Firmware perangkat nokia adalah software yang ditanamkan pada memori handphone, serupa seperti sistem operasi software pada komputer.Update firmware ini dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu :
  1. Update firmware di Nokia Care Point.
  2. Update firmware di counter handphone yang memiliki alat untuk ini.
  3. Update firmware secara online via internet.
Untuk cara pada poin 1 dan 2, saya rasa tidak perlu dibahas karena intinya kita cuma siapkan uang secukupnya lalu mendatangi nokia care point atau counter terdekat dengan membawa hape. Tapi disini saya hendak sedikit membahas untuk poin ke tiga yaitu upgrade firmware secara online via internet.
Hal penting yg harus diperhatikan dan dipersiapkan dalam proses ini (berdasar pada pengalaman pribadi + petunjuk dari nokia) adalah :
  1. Jelas yang dibutuhkan pertama kali adalah Handphone Merek Nokia dengan tipe tertentu (akan dijelaskan kemudian).
  2. Siapkan satu unit komputer atau Notebook dengan spek minimal : Pentium 1Ghz, Ram 256MB,Operasi sistem XP Service Pack 2 (kalau bisa yang terbaru) untuk PC Suite diatas versi 6, kapasitas harddisk yang tersedia paling sedikit sebesar 400 MB.
  3. Dibutuhkan koneksi internet yg cepat dan tidak putus-putus. Karena untuk download data update firmware memiliki kapasitas yang lumayan besar, tergantung jenis hapenya, untuk hape saya saja (nokia n82) kapasitasnya kurang lebih 120 MB. Dan sangat beresiko jika koneksi internet tidak stabil atau putus-putus karena dapat mengakibatkan blank screen pada hape.
  4. Download kemudian Install aplikasi Nokia PC Suite (untuk versi terbaru kira-kira 33MB) dan Nokia Software Updater (versi terbaru kira-kira 23MB) yg paling baru ke PC kita.
  5. Siapkan kabel data, sebaiknya gunakan kabel data yg sesuai dengan support bawaan dari handphone dan kalo bisa yang original. Saya punya pengalaman pribadi sewaktu mau update firmware Nokia N73. Untuk nokia N73 setelah saya test ternyata support terhadap kabel data DKU-2 (milik nokia N70), namun kabel data N73 yang seharusnya digunakan untuk update firmware sesuai petunjuk nokia adalah CA-53. Jadi sudah seharusnya dalam meng-update firmware adalah dengan CA-53, karena saya pernah coba update N73 dengan DKU-2, namun ditengah proses update terjadi gagal koneksi dan akhirnya hape jadi “blank screen”, terpaksa deh korek kantong sebesar 50ribu buat flash di counter hp. Tapi yang perlu diingat lagi adalah tidak semua counter dapat flash n73 tsb, karena counter tsb harus memiliki firmware dengan versi sama atau versi yg lebih baru dengan firmware yg kita update online tadi.
  6. Backup dulu data2 yg terdapat dalam memori handphone, misal kontak, sms, gambar, dll, bisa melalui aplikasi PC Suite,  jg bisa dengan cara copy manual dari memori card ke PC.
  7. Siapakan baterai yg full.
  8. Harus terdapat sim card didalam hape.
  9. Ubah profil ke “general” atau “umum”.
Prosedur Update Firmware
Kalau hal-hal diatas sudah diperhatikan dan dipersiapkan, sekarang ke pembahasan selanjutnya, yaitu prosedur operasi update firmware, yaitu :
  1. Cek dulu apakah hape kita mendukung untuk di update firmware, daftar lengkap hape nokia yang mendukung untuk di update firmware dapat dilihat DISINI.
  2. Cek apakah firmware terbaru untuk hape kita telah tersedia atau tidak, bisa dicek DISINI.
  3. Sambung hape ke PC dengan kabel data (ingat kabel data bukan bluetooth atw infra red), dan pilih di hape ke mode PC Suite.
  4. Jika PC Suite sudah aktif di PC (ada icon HP di pojok kanan bawah layar windows), maka PC Suite otomatis akan mendeteksi keberadaan hape kita yang baru di sambungkan melalui kabel data. Jika PC Suite belum aktif, maka aktifkan terlebih dahulu PC Suite.
  5. Setelah hape kita terdeteksi di PC Suite, pilih “update phone software”, tunggu sebentar lalu akan tampil tahap-tahap seperti gambar dibawah. Tapi ingat… Jangan gunakan hape sama sekali, baik matikan, operasikan, telepon, sms, dll sewaktu proses update berlangsung. Dan jangan memutuskan sambungan kabel data hape dari PC sewaktu proses update berlangsung.
  6. Jalankan Nokia Software Updater. Klik “Mulai”.
    Hubungkan handset ke PC menggunakan kabel USB, kemudian klik “Berikutnya”
    Software Updater secara otomatis akan mencari handset yang tersambung.
    Software Updater akan mencari update yang tersedia
    Apabila software handset baru telah tersedia, maka akan terlihat layar seperti di atas.
    Mohon konfirmasi bahwa Anda telah memback up seluruh data pada memori handset Anda. Seluruh data dan konten dalam memori handset akan dihapus selama proses update.
    Jangan putus kabel atau mematikan handset selama proses update.
    Proses update akan memakan waktu beberapa saat. Harap menunggu.
    Update selesai.
    Apabila Anda menemui masalah selama proses update, silahkan kunjungi bagian FAQ dari Nokia. Ingat,,, jika anda ragu untuk melakukan Update Firmware Nokia secara Online karena takut akan terjadi kegagalan, maka lebih baik anda tidak update firmware Nokia secara Online, tapi anda dapat melakukan Update Firmware di Nokia Point Care atau Counter terdekat. Namun… tidak ada salahnya jika kita berani untuk mencoba melakukan hal diatas, dan apabila terjadi kegagalan kita tingga bawa ke Counter terdekat untuk di flash. Selamat mencoba…

NB : Silahkan Tekan Tombol Download,Download via Ziddu Hanya File txt yang Berisi Link Download

1 comments:

Berly Gas'ah mengatakan...

gan klo updatenya pake bluetooth bisa jg kan ??
tolong jawabannya gan.

Poskan Komentar

 
Bung-GRATIS | Fachridhzoe Wisata